BLT Karyawan Tahap 4 Proses Cair di BRI, BNI, MANDIRI dan BCA, Tapi Ada 150 Ribu Rekening Tertunda
BLT karyawan tahap 4 saat ini sedang dalam proses pencairan ke rekening BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank lainnya.
Tapi ada sekitar 150 ribu rekening tertunda pencairannya karena dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi data-datanya.
Hal ini berdasarkan keterangan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pada Rabu (23/9/2020) kemarin.
“Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai.
Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN.
Sisanya sekitar 150.000 kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya. Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah atau gaji tepat sasaran," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).
Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Kemenaker Kembalikan 150.000 Rekening Calon Penerima Subsidi Gaji ke BPJS, Kenapa?'
Ida menjelaskan, setelah diproses ke KPPN, selanjutnya KPPN akan mencairkan dana subsidi upah/gaji ke Bank Penyalur.
Setelah itu, Bank Penyalur akan segera transfer ke rekening penerima baik itu Bank Himbara maupun bank swasta lainnya.
Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Bank Himbara selaku Bank Penyalur untuk mempercepat proses transfer.
“Kita berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I,II dan III, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah atau gaji bisa tercapai," ujarnya.
Berdasarkan data Kemenaker per 22 September 2020, realisasi penyaluran subsidi upah/gaji tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima sebanyak 2,5 juta orang.
Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.913 orang atau 99,36 persen dari total penerima sebanyak 3 juta orang. Sedangkan untuk tahap III, telah mencapai 3.356.866 orang atau 95 persen dari total 3,5 juta orang.
Berarti, total keseluruhan penyaluran subsidi dari tahap I hingga tahap III mencapai 8.822.208 penerima atau 98,02 persen dari 9 juta orang.
Solusi BLT karyawan gagal cair
Seperti diketahui, ada sejumlah penyebab BLT karyawan gagal cair dan salah satunya adalah nama di rekening beda dengan nama di KTP.
Berikut daftar penyebab BLT karyawan gagal cair melansir dari instagram @kemnaker:
Pertama, kesalahan data di antaranya:
1. Rekening tidak sesuai NIK
2. Rekening yang sudah tidak aktif
3. Rekening pasif
4. Rekening yang tidak terdaftar
5. Rekening telah dibekukan oleh bank
Kedua, bisa karena syarat tidak terpenuhi di antaranya:
1. Rekanaker belum terdaftar sebagai BPJS Ketenagakerjaan
2. Perusahaan tempat bekerja belum mendaftarkan nomor rekening pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan.
3. Bantuan subsidi gaji/upah diberikan secara bertahap.
4. Data dan rekening pekerja masih dalam proses verifikasi.
Menurut pantauan SURYA.co.id, BLT untuk sejumlah karyawan Harian Surya juga ada yang gagal cair karena nama di rekening beda dengan nama di KTP.
Solusinya adalah karyawan tersebut harus menyetor nomor rekening bank lain yg namanya sudah sesuai dengan KTP.
Atau bisa juga mendatangi pihak bank dan memperbaiki nama di rekeningnya agar sesuai dengan KTP.
Data rekening yang sudah sesuai dengan KTP lalu disampaikan kepada perusahaan untuk disetorkan lagi ke BPJS Ketenagakerjaan.
Cek BLT Karyawan di kemnaker.go.id
Perlu diketahui juga, pihak Kemnaker ternyata juga menyediakan fasilitas untuk mengecek apakah mendapat BLT karyawan atau tidak melalui situs kemnaker.go.id
Melansir dari bsu.kemnaker.go.id, caranya adalah dengan membuat akun terlebih dahulu di situs kemnaker.go.id
Berikut cara membuat akun di kemnaker.go.id
1. Buka tautan login situs Kemnaker: LINK
2. Klik menu “Daftar Sekarang”
3. Lalu isi data yang diminta dan klik Daftar Sekarang
4. Akan muncul halaman aktivasi akun dan pendaftar diminta memasukkan kode yang dikirim ke email.
5. Setelah akun berhasi diaktivasi, akan muncul lagi halaman utama kemnaker.go.id
6. Klik gambar profil yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih "Profil"
7. Pendaftar akan diminta memasukkan sejumlah data lengkap
8. Isi semua data yang memang sesuai dengan anda
9. Setelah terisi, akan muncul halaman utama profil
Berikut video cara daftar akun di kemnaker.go.id
Jika anda adalah calon penerima BLT Karyawan, di halaman profil akan muncul tulisan:
Selamat Kamu Mendapat Bantuan Subsidi Upah Gelombang 4
Bantuan akan disalurkan ke:
Bank:
No. Rekening:
SURYA.co.id menyarankan untuk terus melakukan refresh ulang jika tak muncul keterangan tersebut.
Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mengakses sehingga membuat prosesnya agak lambat.
Bagi yang sudah memiliki akun di kemnaker.go.id, kamu tinggal melakukan login dan masuk ke halaman profilmu untuk melihat ada tidaknya keterangan tersebut.(*)
Artikel ini telah tayang di surya.co.id